Tag

, , ,

fix-brokenSangat mengasyikkan ketika kita mengarungi berbagai keistimewaan yang dimiliki oleh Ubuntu atau distro-distro lain di Linux. Namun, kenikmatan itu terkadang bisa sedikit terganggu tatkala timbul problem yang tidak bisa segera kita selesaikan. Untuk kalangan expert (yang berpengalaman), problem itu bisa jadi sebuah tantangan yang mengasyikkan, karena dengan timbulnya problem tentu akan membuka kesempatan meraih ilmu baru. Tetapi tidak demikian halnya dengan pengguna-pengguna pemula (newby), problem yang timbul bisa jadi membuat stres, pusing, linglung, bahkan tidak jarang yang akhirnya meninggalkan Linux karena dianggap ‘sangat’ sulit.

Setiap ada problem, biasanya–bahkan mendekati pasti–ada jalan keluar. Tinggal diri kita, apakah masih punya keinginan untuk memecahkannya atau berjiwa kerdil dan menyerah dengan kondisi yang ada. Syarat pertama yang harus dilakukan adalah ‘bersabar’ karena tidak serta-merta problem secara cepat dapat dipecahkan, tergantung kepada seberapa berat problem yang dialami. Kita bisa berselancar di situs-situs internet untuk mencari solusi terhadap problem yang sama kita hadapi. Memang tidak mudah untuk mencari solusi yang cepat, apalagi jika problem yang dihadapi adalah problem terbaru yang bisa dikatakan hanya kita satu-satunya orang yang telah menemuinya. Tetapi hal itu sangat jarang, biasanya berbagai problem sudah banyak dibahas oleh forum-forum di internet. Jadi, tidak perlu putus asa untuk mencari solusi.

Salah satu problem yang pernah saya hadapi, ketika menginstall desktop Enlightenment (E17) di LinuxMint (berbasis Ubuntu). Saya menemui salah satu komponen desktopnya yang tidak bisa terinstall, mungkin karena paket tersebut sudah tidak disediakan di server, kendala distribusi, atau kendala lainnya. Paket tersebut akhirnya mengunci program penginstall (apt-get; synaptic) sehingga saya tidak bisa menginstall program lainnya. Huh, pening juga kepala mengutak-atik segala command (perintah) melalui shell, agar bisa terbuka kuncinya. Pada akhirnya, saya gagal total belum ketemu solusi untuk memecahkan problem tersebut. Tanpa putus asa, saya terus menelusuri forum demi forum di internet, karena saya yakin sudah pernah ada orang yang menghadapi problem yang sama seperti ini.

Akhirnya, ketemu juga solusinya. Jika anda menghadapi problem yang sama, mungkin bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menyelesaikannya.

Langkah pertama, buka Konsole (Terminal) melalui Dash (Ubuntu) atau Menu Start, bisa juga dengan jalan pintas (Ctrl+Alt+T). Selanjutnya ketik perintah ini:

sudo apt-get update –fix-missing

Lalu tekan ‘Enter‘ dan masukkan kata kunci (password) root anda.

Untuk mengetahui berhasil atau tidak, coba lakukan install program lainnya melalui Terminal atau Synaptic. Jika tidak bisa menginstall program lain, berarti “penginstall” masih terkunci. Anda belum berhasil. Coba cara berikutnya.

Langkah kedua, ketik di Terminal:

sudo dpkg –configure -a

Lalu lakukan tes kembali seperti cara yang pertama. Jika belum berhasil, coba cara selanjutnya.

Langkah ketiga, ketik kembali di Terminal:

sudo apt-get install -f

Berhasil kah? Belum berhasil juga? Terpaksa kita harus menggunakan cara manual berikut untuk mengedit ‘status-dpkg-nya’.

Ketikkan di Terminal:

sudo gedit /var/lib/dpkg/status

Dengan perintah tersebut kita akan membuka file ‘status’ dpkg menggunakan teks editor ‘gedit’. Jika tidak bisa terbuka, mungkin ‘gedit’ belum terinstall di komputer anda. Coba ganti kata ‘gedit’ itu dengan ‘vi’ ; ‘nano’ ; ‘pluma’ atau teks editor lain yang anda miliki.

Setelah itu lacak paket yang statusnya masih “unpacket” (biasanya tertulis: “Status: installed ok unpacket“) secara manual baris-perbaris atau menggunakan perintah pencarian (ctrl+f). Jika ketemu, hapus satu blok mulai dari tulisan nama paketnya (yang bermasalah) hingga baris terakhir sebelum nama paket yang lain (ditandai dengan spasi 1 baris kosong). Jika semua paket bermasalah (unpacket) sudah dihapus, jangan lupa klik simpan (save).

Selanjutnya, anda harus membuka kunci dpkg-nya (program penginstall). Gunakan perintah ini di Terminal:

sudo fuser -vki /var/lib/dpkg/lock

Lalu jalankan kembali perintah:

sudo dpkg –configure -a

Selesai sudah perbaikan paket program yang rusak (broken) yang menghambat kita untuk menginstall program lainnya. Selamat mencoba, dan tetap semangat!!

Iklan