Tag

, , , , ,

old-programsKetika si kecil jagoanku merengek minta tambahan program permainan di desktop Windows7nya, aku berusaha mencarikan cd-cd koleksi permainan lama sisa perjuangan belajar komputer bertahun-tahun yang lalu. Memang saat ini cukup banyak cd permainan-permainan baru bertebaran di pasar, tapi rata-rata membutuhkan spek komputer yang lumayan tinggi. Belum lagi bentuk visual 3D-nya yang bisa menguras tenaga kartu grafis. Alhasil, aku lebih memilih menginstalkan permainan-permainan jadul. Selain karena sudah familiar, juga lebih layak dikonsumsi oleh si kecil karena game-gamenya sangat sederhana.

Proses penginstalan selesai dengan baik. Namun, ketika dijalankan, gambar yang ada monitor jadi berantakan. Asumsinya, mungkin karena game-game keluaran jaman Win98 dkk itu tidak lagi kompatibel dengan Windows7, atau karena resolusi monitor diset terlalu tinggi. Berbagai cara ku upayakan untuk memperbaiki setting tersebut, namun selalu nihil. Mungkin karena sudah lama aku kurang “bersahabat” dengan Windows, dan kadung terpesona oleh Ubuntu, sehingga aku kurang ngeh dengan perkembangan sistem Windows saat ini.

Karena upaya demi upaya tidak membuahkan hasil, terpaksa aku harus berguru ke Om Google. Melewati berlembar-lembar hasil pencarian akhirnya solusi itu dapat ku temukan. Dengan membuat sebuah file berekstensi *.bat melalui teks editor Notepad, kemudian mengisinya dengan baris-baris perintah simpel, akhirnya game itu bisa dijalankan dengan baik. Berikut aku share tatacara untuk menjalankan program-program jadul (termasuk game) di Windows keluaran baru.

Misalnya kita akan membuat file *.bat untuk program permainan “Mario Bros” dengan file executable bernama mario.exe.

1. Buka teks editor Notepad
2. Ketik tiga baris perintah berikut:

taskkill /f /im explorer.exe
mario.exe
start explorer.exe

3. Kemudian klik File -> Save as..; arahkan lokasi penyimpanan di folder yang sama dengan file “mario.exe“; lalu isi nama file sesuai selera dengan akhiran (.bat), misalnya “buka_mario.bat”; sebelum menekan tombol “Save“, ganti pilihan Save As Type dengan “All Files“.

4. Tekan tombol “Save“.

Setelah itu, jika akan menjalankan game mario, cukup klik 2x file “buka_mario.bat” tersebut.

Cara yang sangat simpel, tapi repot juga kalau tidak tahu.

Mungkin trik di atas sudah banyak rekan-rekan yang tahu, namun saya share ini untuk teman-teman yang kebetulan punya masalah yang sama dan belum tahu caranya.

Trik ini juga mungkin berguna untuk program-program lain yang tidak kompatibel dengan Windows keluaran baru, namun saya belum sempat mencoba. Secara konsep caranya sederhana, cukup ganti baris kedua di atas dengan nama file executablenya (*.exe), dan simpan di folder yang sama dengan file (*.exe) tersebut.

Semoga bermanfaat.

Iklan